BALAPAN LIAR (NGETREK)

balap-liar

Balap Liar Bandung Bukan Masalah Fasilitas

Balap liar atau balapan liar adalah kegiatan beradu cepat kendaraan bermotor, baik sepeda motor atau pun mobil, yang dilakukan di atas lintasan umum. Artinya, kegiatan ini sama sekali tidak digelar di lintasan balap resmi, melainkan di jalan raya. Biasanya, kegiatan ini dilakukan pada tengah malam sampai menjelang pagi saat suasana jalan raya sudah mulai sedikit lengang.

Mengganggu? Jelas. Membahayakan? Pasti. Namun, tak ada satu pun alasan yang membuat para pelaku balap liar menghentikan aksinya. Menurut rekan penulis yang pernah merasakan sensasi balap liar, “Ada perasaan yang tak akan mampu digambarkan selepas menyelesaikan treking ini. Ngetrek tuh menguji adrenalin, kawan”, cetusnya.

Berkaca dari pernyataan rekan penulis tadi, boleh dibilang, kasus balapan liar ini bukan semata-mata terlahir dari ketiadaan fasilitas atau trek balapan khusus saja. Banyak faktor lainnya yang mendorong kegiatan ini terus berkembang hingga saat ini. Ya, Adrenalin, keberanian, serta kepiawaian berkendara adalah beberapa di antaranya.

SUMBER : http://www.anneahira.com/balap-liar.htm

OPINI SAYA

Sebenarnya balapan liar di jalanan itu bukan karena tidak adanya fasilitas, tetapi memang untuk menguji adrenalin juga untuk kesenangan belaka. dan para pelakunya pun sebenarnya tau itu sangat berbahaya juga mengganggu keadaan sekitar , tapi tidak semua dari mereka mempunyai kesadaran bahwa hal itu kurang baik untuk dilakukan, di atas sudah di jelaskan bahwa dalam balapan jalaan pun pasti akan menimbulkan hal negatif lainnya, berawal dari pergaulan yang kurang benar mereka jadi terjerumus ke berbagai hal yang negatif seperti mabuk-mabukan , konsumsi narkoba, membuat keributan di jalan dan lain-lain. sebaiknya bagi para pelaku menyadari bahwa hal tersebut kurang lah baik untuk di lakukan walau dalam masa remaja seharusnya kita merubah karakter kita menjadi orang yang lebih baik lagi, orang tua kita sudah menyekolahkan kita, membiyayai kita, berjuang untuk kita, seharusnya kita sebagai anak dan putra putri bangsa melakukan hal yang baik kalo perlu membuat bangga orangtua dan negara.

saran dari saya alangkah baiknya orang tua memantau putra putri mereka agar tidak terjerumus pada hal yang negatif, khususnya bagi orangtua yang mempunyai anak perempuan , anak perempuan sangat lah rentan di ajak ke hal yang negatif apalagi dia sudah mengenal yang namanya cinta kepada lawan jenis, bisanya perempuan yang kurang kuat imannya dia akan melakukan apapun yang di mau oleng sang pacar, nah disini orang tua harusnya memberikan bibimbingan agama sejak kecil agar anaknya mempunyai ahlak dan iman yang kuat. faktor lingkungan pun berpengaruh sangat besar baik laki-laki dan perempuan , orang tua sebaiknya mengajarkan juga mengarahkan kepada anak mana hal yang baik yang harus di lakukan dan mana hal yang buruk  yang tidak boleh di lakukan, agar sang anak saat memasuki masa remaja dia tidak terjerumus kepada hal yang negatif.

Leave a comment