Musibah Kebakaran di Kp. Pasir Bedeng Kel. MC. Timur Kec. Rangkasbitung Kab. Lebak

kebakaran-lebak

Pada hari Kamis tanggal 10 Oktober 2013 pukul 19.00 WIB, bertempat di Kp. Pasir Bedeng RT 01 dan 03 RW 06 Kel. Muara Cijujung Timur Kec. Rangkasbitung Kab. Lebak telah terjadi kebakaran yang mengakibatkan :

1.    Rumah rusak/hangus      =          57 Unit

2.    Rumah dirobohkan          =          7 Unit

3.    Fasilitas umum :

  • Majelis Taklim                =          1 Unit
  •  Posyandu                       =          1 Unit

4.    Jumlah KK                             =          64 KK

5.    Jumlah jiwa                          =        193 Jiwa

Bangunan tersebut berdiri diatas tanah milik PT KAI Rangkasbitung yang dihuni oleh warga masyarakat.   Sumber Api berasal dari kompor Gas yang dipakai memasak dan ditinggalkan untuk belanja oleh pemiliknya An. ibu Karmi umur 53 tahun.      Api dapat dipadamkan pukul 22.35 WIB oleh petugas Damkar Kab. Lebak beserta masyarakat.      Korban jiwa nihil, sementara Para pengungsi sebanyak 35 KK / 137 jiwa ditampung di Aula Makodim 0603/Lebak namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah dan sebagaian ikut kepada saudaranya.

Korban jiwa nihil, kerugian materiil + Rp. 2.680.000.000,- ( Dua Miliyar Enam Ratus Delapan Puluh Juta Rupiah ).       Selanjutnya kejadian tersebut ditangani oleh Muspida Lebak, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Aparat terkait lainnya.

Sumber : Setaf Intel  Kodim  0603 lebak.

Opini saya :

dari kejadian tersebuut, saya berpendapat bahawa kejadian tersebut berupa kelalaian dari slah satu warga, juga banyaknya korban materil karena keterbatasan dan keterlambatan bantuan, seharusnya kepada pihak aparat  terkait seperti pemda, polisi juga pihak pemadam kebakaran, harus lebih sigap dalam bekerja.

1. kepada pihak pemda seharusnya  menambah persediaan yang di perlukan oleh pemadam kebakaran baik itu berupa personil maupun alat / kendaraan berupa mobil pemadam kebakaran karena mobil pemadam kebakaran yang ada hanya 2 saja , pemda juga seharusnya membekali ilmu tentang menanggulangi bencana kebakaran. alangkah baiknya pihak pemda mengadaka simulasi tentang penaggulangan bencana bahaya kebakaran yang melibatkan aparat terkait dan masyarakat sehingga menghasilkan aparat dan masyarakat yang terlatih , terdidik juga mengerti akan penanggulangan bencana kebakaran.

2. Kepada Pihak kepolisian, sebainya lebih aktiv memberikan pengarahan kepada warga masyarakat yang melihat atau menonton untuk memudahkan petugas pedam kebakaran dlam menaggulangi bahaya kebakaran tersebu, polisi juga sebaiknya membantu TNI untuk memadamkan api.

3. kepada pihak pemadam kebakaran seharusnya lebih giat berlatih lagi untuk memadamkan api dari situasi kondisi yang dihadapi.

4. dan untuk  warga sekalian ini seharusnya jadi contoh untuk lebih berhati-hati lagi  dan tidak sembarangan dalam menggunakan kompor gas agar tidak terulang kembali kejadian yang sangat merugikan.

Leave a comment